Jumat, 23 Januari 2009

ISRAEL vs GAZA


Usai dilantik secara resmi sebagai presiden Amerika Serikat ke-44, Barrack Obama menyampaikan pidatonya dan menyampaikan beberapa hal yang akan dilakukannya di masa pemerintahannya. Reporter VOA Erma Sinulingga mencatat ada beberapa hal penting dan menjadi inti dari pidato yang disampaikan Obama.
Dimana Obama berharap bangsa Amerika akan tetap bersemangat untuk menghadapi krisis yang tengah melanda bangsanya.

Krisis di Amerika akibat ketamakan segelintir orang dan terjadi akibat perbuatan yang tidak bertanggung jawab. Tantangan perubahan dalam menghadapi krisis tersebut merupakan tantangan besar dan harus dihadapi secara serius. Bagi Obama tidaklah mudah menghadapi krisis tersebut dalam waktu singkat, namun Obama yakin dan percaya krisis tersebut akan mampu dihadapi bangsa Amerika.

Obama mengajak bangsa Amerika untuk meninggalkan sifat kekanak-kanakkan dan meningkatkan semangat juang bangsa. Sementara mengenai persoalan Irak dan Afghanistan, Obama mengatakan bahwa Amerika akan bertanggungjawab menyerahkan Irak kepada bangsanya. Dan akan menempa perdamaian yang sudah susah payah dicapai di Afghanistan.

Kepada dunia muslim, Obama menegaskan bahwa Amerika akan mengupayakan jalan baru berdasarkan kepentingan dan saling hormat menghormati.

Tidak ada komentar: